Blogger Widgets Blogspot Tutorial
Blogger Templates
Create your own banner at mybannermaker.com!

Visitors

Tips Menjaga Hati Agar Tak Mudah Jatuh Hati


“Jagalah hati, jangan kau kotori…
Jagalah hati, lentera hidup ini…
Jagalah hati, jangan kau nodai…
Jagalah hati, cahaya ilahi…
Bila hati kian bersih, pikiranpun akan jernih
Semangat hidup kan gigih, Prestasi mudah diraih
Tapi bila hati keruh, pikiran jadi gemuruh
Seakan dikejar musuh, dengan Allah kian jauh..”
Hati, adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia, bahkan semua gerak pikir kita, gerak fisik kita dipengaruhi oleh hati. Rasulullah SAWpun menyampaikan pentingnya hati sebagaimana dalam hadits berikut :
“Sesungguhnya di dalam tubuh itu ada segumpal darah. Jika ia baik maka seluruh tubuh akan baik pula, dan jika ia rusak, rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah segumpal darah itu adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Baper (Baca : bawa perasaan), adalah sejenis penyakit hati yang lagi ngetrend saat ini. Sehingga dengan mudah tersentuh perasaannya. Apakah itu karena pujian, rayuan atau sindirian. Penyakit hati yang juga sering membuat anak muda linglung adalah jatuh hati, semacam rasa ketertarikan pada lawan jenis, entah itu karena memang diperhatiin sama si “dia” secara khusus atau hanya ke geer-an, pekerjaan menjaga hati memanglah tidak mudah namun juga tidak sulit, sulit-sulit gampang mungkin itulah istilah yang cocok disematkan padanya.
Pada tulisan kali ini, kita akan membahas tips untuk menjaga hati, khususnya bagi kaum muslimah. Lagi-lagi tujuannya adalah agar tak mudah jatuh hati, tak mudah baper-an, tak mudah ke geer-an dan bisa membedakan mana hati-hati yang yang dengan hati mendekatinya atau hanya ingin sekedar merusak hati. Tentu (lagi-lagi) dalam konteks terhadap lawan jenis, sebab tak sedikit wanita yang menjadi korban “jatuh hati” karena tak begitu pandai memegang hati.
7 Tips Menjaga Hati Agar Tak Mudah Jatuh Hati adalah :
1. Selalu mengisi hati dengan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT
Hati kita ini ibaratkan sebuah wadah, yang jika tidak isi dengan kebaikan maka keburukanlah yang akan mengisinya. Jika kita tidak isi dengan kerinduan pada Allah, kerinduan menyebut nama Allah, kerinduan membaca surat cintanya Allah maka dia akan diisi oleh kerinduan-kerinduan pada yang lain bahkan pada sesuatu yang belum halal baginya.

2. Jaga interaksi dengan lawan jenis, pastikan dalam koridor yang “sehat”
Nah, ada pepatah mengatakan “rasa itu muncul karena terbiasa” , sebelum rasa yang muncul malah menyebabkan kita kecewa atau “berdosa” yuk mari jaga pergaulan dengan lawan jenis. Hindari ngobrol ngalur-ngidul yang tidak penting dengan lawan jenis, jauhkan dari berbagai interaksi yang intens dengan lawan jenis baik itu langsung maupun via media sosial seperti chat facebook, mentionan di twitter, bbm-an, Instagram, whatsapp-an serta berbagai jenis-jenis interaksi lainnya. Kalau bukan sesuatu yang penting atau darurat banget lebih baik tidak ada komunikasi sama sekali. Awas lho, nanti baper.hehe
3. Jangan mudah tergoda, Jika tak ingin kecewa
Sebagai seorang muslimah mesti bijak terhadap laki-laki, tidak mudah tergoda dengan bujuk serta rayuannya. Harus pandai memilah dan memilih mana laki-laki yang benaran serius atau hanya sekedar modus. Sebab kebanyakan wanita yang kecewa adalah yang “hatinya jatuh” sebagai korban modus dan PHP.
4. Ukuran cantikmu bukan dari seberapa banyak cowok yang melirikmu.
Nah, yang menyedihkan adalah ketika banyak para wanita yang merasa sedih ketika tidak ada laki-laki yang melirik atau mendekatinya. Entah kenapa wanita merasa dirinya cantik ketika banyak yang melirik, banyak pedakate, banyak yang php-in dan juga modusin #Eh.
Ingat, kecantikan wanita muslimah ukurannya tidak hanya pada fisik atau hanya sekedar banyak yang melirik tapi pada ketaatannya, ketakwaannya, keshalihannya serta kekokohannya dalam menjaga diri
5. Selalu bergaul dengan muslimah-muslimah yang shalehah
Pertemanan, ini penting banget, jika kamu bertemannya dengan wanita-wanita “gaul”, suka nongkrong, kalau lagi ngumpul ngerumpiin cowok-cowok idamannya, mereka yang menjadikan pacaran sebagai gaya hidup, menjadikan kehidupan hedonis menjadi sebuah budaya. Maka bersiaplah kamu juga akan mudah terpengaruh olehnya.
So, jika kamu ingin menjadi muslimah yang taat serta terjaga diri dan hatinya. Maka bertemannya jugalah dengan mereka yang selalu menjaga diri, hati dan selalu meningkatkan keimananan dan ketakwaannya.
6. Hindari musik-musik dan tontonan yang melow serta membuat hati risau
Tak bisa dipungkiri, kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita lihat (tonton) dan apa yang kita dengar (musik). Kalau kita nontonnya drama korea yang melow banyak nangis-nangisnya, dengerinnya musik melow lagi tentang cinta-cintaan. Tentu hal ini akan mempengaruhi cara berpikir, bersikap dan bertindak kita termasuk mempengaruhi kondisi hati kita.
Nah, mulai saat ini perbanyak dengar tilawah, dengar kajian, ceramah dan hal-hal yang bermanfaat lainnya. Mungkin di awal ini akan terasa sulit, kamu akan merasa garing. Tapi yakinlah pelan-perlahan Allah akan buka hati kita sehingga kita menjadi ketagihan mendengarkan hal-hal yang positive
7. Baca lagi dari poin nomor 6 hingga nomor 1 dan lakukan sebaliknya
Tips yang ketujuh adalah sebuah penegasan, agar kamu benar-benar paham dan meresap kehati alangkah baiknya dibaca ulang lagi, direnungkan dan tentu jangan lupa juga untuk dibagikan kepada teman-temannya.
Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua Insya Allah Aamiin.
Sumber: Line Account Love Islam
https://timeline.line.me/post/_dTnAPMmO_q_IT20v498RKpoSYujuBQ8MScTlrXY/1145169650103045246

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan jadi silent reader ya, kasih coment, saran or masukan untuk blog ini. Thanks, Arigato, sudah mampir di blog ini...